Kelebihan & Kekurangan dari Kamera CCTV

Pengawasan CCTV Menggunakan Monitor

Kalian pasti sudah tahu kepanjangan dari CCTV ya Closed Circuit Television Cameras adalah alat yang berfungsi untuk merekam semua kejadian, nah berikut ini saya akan memberitahu beberapa kelebihan dan kekurangan dari kamera CCTV ini. Sekolah menggunakan CCTV untuk memantau aktivitas para siswa sekolah. Kantor menggunakan kamera CCTV untuk memantau perilaku karyawan. CCTV juga dapat membantu usaha pertokoan dengan menyediakan perlindungan terhadap pencurian barang. Namun, penggunaan pengawasan dengan kamera CCTV ini mempunyai beberapa kekurangan. Sebelum menggunakan ada baiknya kita mengetahui manfaat dan kelemahan untuk memutuskan apakah CCTV adalah cara yang tepat digunakan sebagai alat keamanan.

Mengurangi Kejahatan

Jika kamera CCTV terus memantau toko, orang yang berniat jahat mungkin menghindari toko yang sudah dilengkapi dengan kamera CCTV dan lebih memilih mencari tempat lain. Jadi jika Anda mempunyai toko, ada baiknya jika Anda menggunakan CCTV sebagai perlindungan toko Anda. Saat karyawan tahu bahwa mereka terus-menerus diawasi dan dipantau aktivitasnya dengan kamera ini, mereka kemungkinan akan tetap bersikap sopan, dan fokus pada pekerjaan saat atasan tidak Ada.

Begitupun saat di sekolah, jika anak murid tahu kamera CCTV sedang merekam aktivitas mereka pada saat ujian, kemungkinan besar hal ini akan mengurai tindakan mencontek saat ujian berlangsung. Karena semua aktivitas murid akan terekam jelas di monitor, sehingga murid menjadi enggan untuk melakukan hal ini. Sudah banyak beredar berita tentang anak yang disiksa oleh pengasuhnya. Nah, bagi Anda yang sibuk dan tidak sempat mengawasi anak saat dititipkan pada pengasuhnya. Anda dapat menggunakan CCTV sebagai alat perekam aktivitas yang terjadi dirumah Anda, sehingga jika ada perilaku yang menjurus pada kekerasan Anda dapat mengambil tindakan cepat.

Menjadi Barang Bukti Kejahatan

Apabila kejahatan terjadi di suatu tempat dan terekam oleh CCTV, alat ini akan memudahkan pada saat investigasi dan dapat dijadikan bukti yang kuat. Jika perbedaan argumen terjadi antara koban dan pelaku. Sebagai pihak ke tiga dapat mengambil keputusan dengan melihat rekaman video untuk menentukan apa yang sebenarnya terjadi.

Kekurangan

Sayangnya, CCTV mempunyai kemampuan terbatas, kamera ini tidak dapat merekam suara dan kadang-kadang dapat dimanipulasi dengan menutupi alat perekam atau dengan menempelkan sepotong permen karet pada lensa, atau dengan menempelkan rekaman yang diulang-ulang sehingga pengawas CCTV menganggap tidak terjadi apa-apa. Jika kamera diposisikan salah, hasil rekaman tidak akan maksimal. Sebaiknya pilihlah tempat yang dapat menjangkau kegiatan di semua ruangan.

Sekian Kelebihan & Kekurangan dari Kamera CCTV semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu :D

About these ads

Posted on March 7, 2013, in CCTV and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Bagaimana mahu pasang cctv yg mempunyai control

  1. Pingback: Kelebihan dan Kekurangan dari Kamera CCTV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 950 other followers

%d bloggers like this: