Tahukah Anda Sejarah Cctv?

Hai apa kabar semua, kali ini saya akan mulai posting tentang sejarah dan perkembangan CCTV. Kalian pasti sudah banyak melihat CCTV di sudut ruangan. Tapi apakah kalian tahu bagaimana dan siapa yang pertama kali menciptakan alat yang canggih ini? Sebelum saya membahas lebih lanjut. Sudah ada yang tahu apa kepanjangan dari CCTV? Ya CCTV kepanjangan dari Closed Circuit Television, yang merupakan sebuah perangkat kamera video digital yang digunakan untuk mengirimkan sinyal ke layar monitor di suatu ruang atau tempat yang butuh penjagaan khusus. Jerman adalah negara yang pertama kali memperkenalkan alat ini.

Pihak militer Jerman menggunakan kamera remote dengan monitor hitam dan putih untuk mengamati peluncuran roket V2. CCTV pertama kali dipasang oleh perusahaan Siemens AG di sebuah pangkalan roket rudal militer yang bernama Test Stand VII yang terletak di sebuah kota kecil di Jerman, yaitu Peenemunde, pada tahun 1942. Pemasangan CCTV ini dimaksudkan untuk mengamati peluncuran roket V-2. Pada saat itu, desain dan instalasi sistem CCTV tersebut dilakukan oleh seorang insinyur berkebangsaan Jerman yang bernama Walter Bruch.

Pada tahun 1968, sebuah daerah yang bernama Olean (New York) merupakan wilayah yang pertama menggunakan CCTV di sepanjang jalanan distrik bisnis untuk mengurangi tindak kejahatan yang terjadi. Di Inggris sendiri, penggunaan kamera CCTV pertama kali diimplementasikan di King’s Lynn, Norfolk.

Sejak CCTV dicipatakn dan banyak yang merasakan manfaatnya, alat ini menjadi sangat umum dikalangan masyarakat dan pemerintahan. Pada tahun 1970-an dan 1980-an CCTV sudah digunakan sebagai alat keamanan di bank. Banyak pedagang lain juga mulai menggunakan CCTV di toko mereka sebagai metode untuk mencegah dan merekam setiap kejahatan yang mungkin terjadi. Tidak ada bukti bahwa CCTV dapat menurunkan tingkat kejahatan, tetapi alat ini telah membantu untuk menangkap penjahat yang terekam saat melakukan kejahatan.

CCTV juga sangat berguna dalam pemantauan lalu lintas jalan. Inggris adalah negara yang pertama kali menggunakan CCTV untuk tujuan memantau lalu lintas. Sejak saat itu CCTV banyak digunakan pada kendaraan umum seperti taksi, bus dan kereta api. Alat ini juga telah banyak digunakan pada rumah-rumah besar untuk mencegah pembobolan atau pencurian. Selain itu CCTV juga digunakan di tempat umum, termasuk sekolah, stasiun, supermarket, pusat perbelanjaan, bandara, dll untuk merekam setiap aktivitas yang mencurigakan.

Kamera ini juga telah mengalami perubahan bentuk dan fitur selama bertahun-tahun. Awalnya kamera CCTV hanya sebuah kotak putih besar yang tidak bisa memperbesar atau memperkecil atau mengikuti obyek. Setelah mengalami beberapa perubahan kini kamera CCTV mempunyai bentuk yang beragam, bahkan sampai ukuran yang kecil biasanya CCTV ukuran kecil ini digunakan untuk pengintaian atau mata-mata. Sekarang alat ini memiliki banyak fitur canggih termasuk kualitas gambar yang jelas dan mampu mendeteksi dan mengikuti gerak suatu objek.

Begitu lama perkembangan kamera CCTV hingga alat ini banyak dicari orang karena manfaatnya dalam keamanan dan proteksi. Sampai Indonesia sendiri juga banyak yang menggunakan kamera CCTV dan sepertinya alat keamanan ini akan tetap eksis untuk beberapa puluh tahun kedepan, mungkin hanya desain dan fiturnya saja yang lebih canggih.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa beri komentar yaaa tapi ingat komentar yang membangun🙂

Posted on March 6, 2013, in CCTV and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Trima kasih ya atas infonya,bermanfaat banget bagi gue.;-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: