Bagaimana GPS Bekerja?

Bagaimana Satelit GPS dapat dimanfaatkan untuk menentukan posisi anda? Berikut tutorial dari kami.

Setidaknya, terdapat dua teknologi dibalik Tracking System yakni GPS dan GSM. GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System. Teknologi ini terdiri dari jaringan satelit yang mengorbit bumi dan jutaan penerima GPS di daratan. GPS menentukan sebuah titik lokasi dengan sinyal dari 3 satelit yang berbeda. GPS bekerja dengan mencari jarak dari satelit-satelit dan menghitung satu-satunya tempat di mana ketiga sinyal satelit tertuju secara bersamaan.

Dalam perangkat pelacak juga ditanam jaringan GSM sebagai media untuk berkomunikasi secara langsung (real-time) dengan alat lain didaratan bumi seperti komputer, ponsel atau alat pantau yang lain. GSM atau Global System for Mobile berguna untuk memberi informasi mengenai posisi yang ditemukan dari satelit untuk mereka yang ingin tahu di mana perangkat GPS tersebut berada.

GSM merupakan infrastruktur jaringan yang paling populer di dunia. Dengan jumlah pengguna saat ini 3 milyar orang di seluruh dunia dan tingkat penyebaran yang merata di wilayah bumi, membuat GSM penjadi pilihan terdepan dalam menyediakan sinyal digital untuk semua bentuk komunikasi.

Jadi, secara sederhana, ada dua bagian yang terintegrasi untuk kebutuhan sistem pelacakan ini. Sistem GPS adalah untuk mengumpulkan informasi lokasi yang akurat dari satelit, lalu bagian kedua adalah GSM untuk mengirim informasi lokasi tersebut sehingga dapat dilacak dari tempat lain. Informasi lokasi berupa koordinat yang lalu diterjemahkan ke dalam tampilan posisi pada peta digital. GPS Navigasi umumnya cukup menggunakan satelit GPS, sedangkan GPS Tracker menggunakan jaringan GSM / GPRS untuk mengirim data GPS tersebut ke server pengguna.

Dengan Real-Time GPS Tracking System, anda dapat duduk di PC atau komputer laptop, login ke sistem yang telah diinstall atau sistem web-based untuk memantau gerakan, arah dan kecepatan dari setiap kendaraan yang memiliki unit GPS Tracking System. Selain itu, dengan update hardware dan program yang terus dikembangkan saat ini, anda juga dapat memanfaatkan beragam fitur seperti mematikan mesin, alarm bahaya, alarm kecepatan, sensor bahan bakar, sensor penumpang, komunikasi audio, serta data historis, laporan dan analisis.

Selain kombinasi GPS dan GSM yang populer, sebenarnya masih ada teknologi lain yang digunakan dalam Tracking System. Sebut saja Radio Frequency Identification (RFID), Geographic Information Systems (GIS) dan Wireless Local Area Network (WLAN). Masing-masing teknologi memiliki karakter dan cara kerja berbeda sesuai spesifikasi dan tujuan yang dibutuhkan.

Ada banyak aplikasi berbeda dan dikembangkan untuk memanfaatkan teknologi pelacakan dan membawa sumbangsih besar bagi penelitian IPTEK, pertanahan, pertanian, pertahanan dan keamanan, hingga usaha komersial.

Posted on April 17, 2013, in Alat Safety Dan Keamanan Lainnya and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: